Proses Itu Mendewasakan

Minggu, 12 Juni 2011



Halooo, nama gw Novy! Inget ya pake Y jangan pake I! Itu foto di atas udah cuekin aja kalo emang ngga suka ngliatnya. Dan ngga bagus juga sih kayaknya. Tapi, FYI itu adalah cara gw finishing setiap gw makan Ramen. Mau ikut mencoba? (Penting abis sih ngbahas ginian)

Sekarang gw kuliah di UNDIP Semarang. FISIP. Jurusan Administrasi Publik. Semester 4. Ekstensi. Dan sedang menjalankan tahap MPA Publik (Metodologi Penelitian Administrasi Publik) yang lebih sering orang kenal dengan Proposal Skripsi alias BAB I.

Meeen, kenapa sih harus ada proposal skripsi segala? Kenapa ngga langsung skripsi aja gitu? Kan biar ga buang-buang waktu ya kan? Tapi demi menyongsong masa depan yang lebih cerah dan gemilang di depan jidat ya mau ngga mau gw harus nglewatin tahap ini buat sampe skripsi. Sabar. Perlahan. Tapi. Pasti.

Sebenernya kalau di Administrasi Publik Undip itu buat ke tahap skripsi cukup panjang jalan, rintangan dan tantangannya, yang dimana antara lain yaitu :
1. Harus terdaftar sebagai mahasiswa Administrasi Publik, Undip (Yalaaaaaahhh)

2. Setidaknya harus menyelesaikan beberapa Mata Kuliah Dasar dan Mata Kuliah Wajib (INI JUGA IYA! Kenapa musti ditulis sih. Sumpah gw yang nulis tapi gw yang emosi sendiri deh.)

3. Harus ambil Mata Kuliah Konsentrasi. Di Administrasi Publik itu ada dua mata kuliah konsentrasi. Konsentrasi Manajemen Kebijakan dan Konsentrasi Kebijakan Publik. Dan gw lebih memilih Konsentrasi Kebijakan Publik. Kenapa? Karena gw pengen jadi Menteri? HAHAHA. AMIN. Soalnya yang dipelajarin itu cuma 3. Yaitu. Formulasi Kebijakan. Implementasi Kebijakan. Evaluasi Kebijakan. Keliatannya emang bikin males sih yah, tapi sejauh ini gw menikmatinya. Karena gw menyukainya jadi semuanya jadi menyenangkan. Soalnya menurut gw ngerjain segala sesuatu itu harus fun tanpa paksaan. Udah itu aja. Mau sesusah apapun tapi kitanya seneng, niscahya semuanya bakalan baik-baik aja deh. Percaya deh sama gw :)

4. Seminar Konsentrasi. Disini gw diharuskan membaca dan merangkum serta menyarikan isi dari minimal 5 buku tentang judul Seminar yang akan gw ambil. Gw mengambil fokus Analisis Kebijakan Publik yang merupakan anak dari Formulasi Kebijakan. Dan mau ngga mau gw harus baca minimal 5 buah buku tentang Analisis Kebijakan Publik. Gw baca 6 buku Analisis Kebijakan Publik dan satu literatur buku Bahasa Inggris tentang Analisis Kebijakan Publik tapi gw cuma ambil satu chapter. Masalahnya kalo gw ambil semua chapter, selain ngga ngaruh sm bahasan gw juga itu buku kayak kitab! Tebel banget nyeeett! Buat gebuk orang gila juga mejret deh. Seminar Konsentrasi ada sidangnya juga lho. Tapi kayak presentasi sih. Tapi tetep aje kalo dosen pengujinya sangar ya mejret juga. Waktu sidang Seminar, gw deg degan. Sumpah! Tapi setelah 5 menit berjalan jadi biasa aja. Intinya sih dibawa santai aja dan jangan lupa berdoa :)

5. MPA Publik. Naaaahh, gw lagi di tahap ini nih! Ini sebenernya adalah tahap kentang. Sumpah kentang banget! Kenapa? Soalnya menurut gw sangat bertele-tele banget gitu. Masa satu semester cuma ngurusin proposal doangan. Lah kan buang-buang waktu kan. Mana nanti saat skripsi masih harus diulang lagi tuh Bab I. Walau ngga banyak sih yang harus diulang. Kecuali lo ganti judul lagi, baru tuh mejret mejret deh lo ngulangya. Tapi ngga papa sih. Namanya juga belajar. Jadi harus bertahap. Ye ga? Waktu sidang presentasi MPA gw juga deg degan parah banget! Tapi untungnya Ibu Mariyam (Dosen Pembimbing gw) menyemangati gw dengan sangaaaaatttt baik. Dia orangnya nyantai. Gw orangnya nyantai. Ya, PASCOK lah! Pasti Cocok! Ngga salah gw dapet dosen pembimbing. Walaupun kadang setiap bimbingan si Ibu suka banget curcol. Tapi gapapa, kebanyakan share pengalaman sih. Soalnya usianya juga udah bisa dibilang ngga muda lagi. Tapi semangat ngajarnya itu lho yang harus diacungin jempol raksasa. Masih greeengg!

6. SKRIPSI! Wih, ngga tau kenapa dari awal gw di tahap Seminar itu, gw pengen cepet-cepet ada di tahap ini. Soalnya saat gw bimbingan seminar sama si Ibu, beliau cerita kalo siangnya mau nguji sidang mahasiswa. Dan gw bilang sama beliau kalo gw jadi pengen cepet-cepet skripsi deh. Tapi si Ibu bilang "Tenang aja, Nov. Semua ada waktunya kok. Kamu juga nanti bakal sampai sana." :) Dan Insya Allah semester besok gw ada di tahap ini. Dan semoga semuanya lancar aman terkendali. Karena gw punya target, skripsi gw harus kelar paling lama 3 bulan jadi bulan Oktober gw udah bisa kompre dan November gw udah bisa sidang skripsi. Aaaaammmmmiiinnn (Amin nya kayak orang lagi jama'ah)



Tapiiiii, sekarang kerjaan gw adalah. Makan. Nonton india tiap selasa dan rabu malem. Nonton Master Chef tiap weekend. Nonton DVD Pasta sampe berkali-kali. Browsing resep makanan. Twitter-an. Facebook-an. Tumblr-an. Blog-an. Streaming-an Mustang. Tidur. Baca Kompas tiap pagi (tapi yang gw baca cuma headline nya aja). Ketawa-ketawa. Ngecengin orang. Becanda. Download lagu. Download video. Dengerin mp3 sampe mejret. Busyet! Nyantai amat hidup gw. Hidup gw bagaikan anak-anak yang nonton Dahsyat dan Inbox yang selalu ketawa-ketawa gara-gara masuk tipi dan ngga kayak ngga ada beban. Padahal mah banyak yang harus gw urus. MPA gw! Ya, MPA gw! Udah ACC sih, tapi belum ACC final.

Gw masih harus ke Dinas Pendidikan Kota Semarang yang notabene ada di bawah dan gw PR banget mau ke bawah (karena gw ada di Tembalang Atas). Belum lagi gw harus nyari setidaknya satu informan sekolah swasta di Semarang yang salah satu gurunya itu udah disertifikasi (cuma buat revisi-an biar ACC final dari Ibu Bos a.k.a Bu Mariyam dosen pembimbing gw yang baiknya sumpah deh parah banget). Gw masih harus baca jurnal tentang Sertifikasi Guru yang ditulis sama Ibu Bos. (FYI, skripsi gw ngebahas tentang Sertifikasi Guru.) Dan itu jurnal baru gw dapet tadi siang di Pengajaran. Dan itu jurnal panjang aja dong. Dan untungnya itu jurnal kebijakan dengan format bahasa Indonesia. Kalo itu jurnal formatnya bahasa Inggris kan gw mesti kerja dua kali aja dong.

Deadline ACC final itu Jum'at ini, nyet! Gw belum atur janji sama Pak Nana (Orang Dinas Pendidikan). Belum nyari sekolahan swasta untuk mulai tahap perkenalan buat metode kualitatif informan gw. Belum atur janji sama dosen penguji gw yang setidaknya hari kamis harus udah minta tanda tangan ACC Final. Dosen penguji gw dua orang. Dan dua-duanya sibuknya sumpah deh parah banget. Kill me!

Okelah kalo begitu. Jalanin aja lah yah. Gw ngga ngeluh kok. Ngga. Beneran deh! Suer! Gw cuma mau mencurahkan segenap perasaan yang sedang berkecambuk dalam diri gw. Karena saat ini jujur gw lebih intim sama kuliah gw, bukannya sama pacar gw :(

Tapi setidaknya gw belajar banyak dari sini. Ngga boleh ngeluh! Itu poin nomer satu. Selanjutnya ya santai tapi serius. Gw salalu menanamkan sugesti itu sama diri gw. Bisa dibilang, mungkin gw adalah orang paling nyantai seUNDIP kali yah. Liat aja, deadline ACC Final MPA sama UAS udah di depan jidat tapi gw masih aja nyantaaaaiii. Ya, paling ngga sebelum hari H Insya Allah semuanya bakalan selesai tepat watu lah. Amin

Yang pasti nih. Nikmati proses yang ada. Jangan terlalu berharap banyak sama hasil. Walaupun ngga munafik pasti kita ngarepin hasil yang memuaskan kan? Tapi menurut gw hasil yang memuaskan itu cuma bonus lho. Bonus dari kerja keras lo. Bonus dari banyaknya waktu yang lo luangin disitu. Bonus dari tenaga yang keluarin disitu. Atau mungkin bonus dari uang yang harus rela lo "buang" untuk itu. Gw emang salah satu orang yang lebih menghargai proses daripada hasil. Tapi gw percaya kalo Hasil itu akan selalu berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan. Jadi, kalo usaha lo kenceng, pasti hasil yang lo dapetin juga bakal setara sama usaha yang lo lakuin. Tapi kalo hasil yang kita dapetin itu kurang memuaskan, itu artinya bukan usaha lo yang jelek. Tapi anggap aja lo harus lebih belajar banyak disana dan usaha yang lo lakuin belum lo keluarin semua. Intinya sih, Proses Itu Mendewasakan! Entah itu sifatnya menyenangkan ataupun menyakitkan :)







Kayaknya gw udah kebanyakan ngomong ya. Dan gw juga butuh istirahat. Terlebih lagi gw lagi puasa dan jam-jam segini nih yang namanya nafsu lapar dan haus sangat menerjang dengan kencangnya (anjrit, kyk anak SD ya -_-"). Kemudian dari semalem gw belum tidur karena banyak banget yang harus gw kerjain demi suksesnya masa depan gw. Amin.

Dan semoga tulisan gw bermanfaat. Kalau ngga bermanfaat buat lo semua, paling ngga ya bermanfaat buat gw aja lah. #NyenenginDiriSendiri

Okelah gw mau tepar dulu ya. Nanti malem gw masih ada kuliah lagi soalnya. Ya, kuliah terakhir Reformasi Kebijakan sebelum diterjang sama UAS tanggal 27 Juni 2011.>






3.07 PM

0 komentar:

Posting Komentar